Jumat, 04 Mei 2012

Beberapa bulan lalu Ford telah melahirkan varian muscle car terbaru generasi Mustang Shelby GT500 2013. Saat itu pihak Ford masih merahasiakan fitur-fitur baru dan juga yang terutama dari jantung pacunya. Kini kembali Ford ungkap varian baru ini lengkap dengan spesifikasi mesin yang digunakannya.

Pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, mengklaim varian terbaru Mustang Shelby GT500 2013 ini sebagai muscle car bermesin konfigurasi V8 paling bertenaga di dunia dan akan menjadi pesaing kuat dari Chevrolet Camaro ZL1.




 Photo : Koleksi Otosia.com

Ford Mustang Shelby GT500 2013 ini akan mengandalkan mesin V8 berkapasitas 5.8 liter, di mana sebelumnya 5.4 liter. Dengan mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 650hp dan sanggup menghasilkan torsi sebesar 855 Nm. Atau dengan kata lain tenaga yang dimiliki sekarang ini 100hp lebih besar dari generasi keluaran tahun 2011.

Selain itu, Ford juga telah mengoptimalkan dan mengembangkan seluruh sumber tenaganya baik dari block mesin, silinder head, camshaft, penggunaan bahan carbon pada driveshaft hingga ke sistem transmisi yang lebih baik. Dengan begitu tenaga bisa menjadi lebih besar, bobot kendaraan lebih ringan dan juga lebih efisien.

Untuk sistem pendingin juga telah mendapatkan peningkatan yang lebih baik, di mana sekarang memiliki kipas pendingin yang lebih besar. Selanjutnya saluran pompa untuk perangkat intercooler juga lebih besar sehingga volume yang mengalir bisa 36 persen lebih banyak.

Para insinyur juga telah merevisi ulang sistem transmisi manual enam percepatannya agar mampu menghasilkan torsi lebih besar. Dan kemudian sebuah fitur baru seperti launch Control System dan juga sistem rem dari Brembo juga sudah diadopsikan pada Ford Mustang Shelby GT500 2013 ini. Dengan semua performa baru ini, GT500 2013 kini mampu melesat hingga kecepatan lebih dari 322 km/h. Dan kemampuan ini juga telah ditunjang dengan perangkat aero baru yang 33 persen lebih baik dari model 2011.

Performa yang meningkat tentu juga harus ditunjang dengan sistem kendali yang handal pula. Maka dari itu, fitur Traction Control System (TCS) dan Electronic Stability Control (ESC) juga sudah dibenamkan di dalamnya. Kemudian pada kaki-kakinya juga akan diperkuat dengan penggunaan velg ukuran 20" yang digabungkan dengan sistem suspensi elektronik dari Bilstein.

Mengenai harga yang akan dikenakan pada varian Ford Mustang Shelby GT500 2013 ini kabarnya akan diungkap pada ajang L.A. Auto Show 2012 yang akan diselengggarakan dalam beberapa hari lagi.


sumber
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar